Tips dan Trik Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan tugas akhir atau skrispsi itu, pada awalnya mungkin memang terasa sulit, susah, mungkin akan ada perasaan pesimis, merasa ga mungkin bisa selesai tepat pada waktunya. Tapi, kalau kita mau berusaha, ga ada yang ga mungkin kok. Yang penting ada niat dan mau usaha.
Berikut tips-tips untuk yang sedang mengerjakan tugas akhir. Selamat mencoba!

1. Menjaga semangat ( menjaga mood )
Jaga semangat itu menurut pengalaman saya adalah hal yang paling susah. Apapun alasannya, entah itu calon mertua yang ingin menantu seorang sarjana, jalan-jalan ke luar negeri, pengen cepet-cepet dilamar, atau apapun itu, jadikan itu motivasi paling ampuh dan manjur! Semangat bukan hanya diperlukan untuk mengerjakan skripsi ( seperti menulis dan mengolah data ), tapi juga semangat untuk mencari berbagai macam data dan bahan yang diperlukan bagi skripsi kita tercinta dan tersayang. Karena, terkadang untuk mencari bahan dan data pun tidaklah mudah, jadi perlu semangat juga lohh..
2. Hilangkan rasa malas, dan teguh pada pendirian. ( Udah kaya mau ngapain aja? Hehehe… )
Hal kedua yang ga kalah susahnya adalah melawan rasa malas. Kalau yang namanya rasa malas sudah datang dan menghinggapi lubuk hati kita ( hoalah, apa sih ? ), yakin deh pasti susah banget buat meneruskan mahakarya kita tercinta itu ( baca: skrispi ). Karena, kalau sekali kita sudah mengikuti yang namanya rasa malas, pasti susah untuk rajin lagi. Jangankan rajin, mau mengingat si “skripsweet “aja udah males.
3. Jangan diam
Kalau tidak bisa melaju kencang, berlarilah. Kalau tidak bisa berlari, berjalan cepat, atau merangkak kalau perlu. Yang pasti, jangan cuma berkutat di bab yang itu-itu aja.. Mungkin ibaratnya, seperti membangun rumah sebelum merancang pondasi. Tapi tak apa, banyak yang mencoba, dan berhasil kok. Intinya, kerjakan apapun yang bisa dilakukan lebih dulu, dan bahannya tersedia lebih dulu.
2. Percaya diri bahwa penelitian kamu adalah penelitian terhebat sepanjang masa
Tidak percaya diri dengan tema penelitian kamu? Sering dibilang “tema kacangan”?. Apapun komentar negatif dari siapapun, jangan terlalu dipedulikan. Yang penting, sang dosen pembimbing yang terhormat telah menyetujui tema skripsi kamu, dan kamu pun yakin bisa mengerjakan skripsimu dengan baik, tepat waktu, dan dapat menjawab semua pertanyaan yang akan diajukan dosen penuguji pada saat sidang skripsi, dan melewatinya dengan baik.
3. Tunjukkan kepada dosen pembimbing bahwa kamu dapat diandalkan
Lebih baik kamu datang beberapa menit sebelum waktu kamu janjian sama dosen pembimbing. Jangan sampai sang dosen yang menunggu kamu. Tapi, kalau disuruh menunggu, menunggulah. Kalau disuruh menghapus dua halaman yang Anda buat sampai tidak tidur, hapuslah. Lakukan apapun yang disarankannya, dan jadilah robot. Santai, ini tidak akan selamanya. Yang penting, berikan persepsi bahwa kita ini bener-bener niat mengerjakan skripsi. Setiap selesai bimbingan, bilang terima kasih, dan tanya kapan beliau ada waktu lagi. Bergairahlah. Dan dunia akan turut bergairah.
4. Sabar, pasrah, dan jangan banyak mengeluh
Kamu sering merasa kesal atau bete karena harus menunggu dosen pembimbing kamu?? Bersabarlah. Yah, namanya juga mahasiswa, kita yang perlu dosen kan?! Jadi, sabar, pasrah, dan jangan banyak mengeluh. Untuk menghadapi situasi di atas, kamu bisa mengantisipasinya dengan membawa mp3, IPod, PSP, kalau mau sekalian bawa kasur juga boleh.🙂
5. Berkumpullah bersama orang-orang yang tepat
Bergaul bersama kawan-kawan seperdjoeangan (baca:yang juga bersemangat mengerjakan TA) tentu membantu banyak. Anda bisa tanya kalau ada masalah, tukar pikiran bila ragu, atau koreksi bila salah. Jangan deh kamu deket-deket sama orang yang justru mematahkan semangat kamu, atau mengecilkan hati kamu. Jauhkan dirimu dari pengaruh burukk!😉
6. Projects are evil
Suatu waktu, Ayah saya pernah bilang “biasanya kalau kamu udah bisa ngerasa cari duit sendiri, sekolahmu kacau”. Istilah lainnya, “money, woman, education. Take any two”. Kalau ada tawaran project besar, jangan diambil dulu. Nanti-nati saja. Ingat, ijazah terakhir Anda baru ijazah SMA.
“Tapi, kan duitnya bisa buat tambahan beli PSP?” Ya, memang sih, tapi nanti berlanjut terus untuk project-project lainnya. Kamu berputar-putar di situ saja, dan skripsi pun jadi terbengkalai. Nah, harus ada yang dikorbankan. Harus ada. Karena, jujur aja deh, kalau kita udah kenal sama yang namanya duit, udah ngerasa bisa cari duit sendiri, si skripsweet pasti akan dengan amat sangat mudah kita lupakan. Karena kita merasa udah mampu mencari penghasilan sendiri.
7. Nikmati saat-saat anda menulis skripsi
Apapun yang kita kerjakan dengan ikhlas, dan kita menikmatinya, pasti akan terasa mudah. Percaya deh. Jujur, saya justru merasa kangen masa-masa itu. Masa-masa mencari bahan kesana kemari, mengejar-ngejar dosen pembimbing, menunggu dosen pembimbing, begadang buat ngetik sampai pagi. Menurut saya, saat-saat itu benar-benar sangat seru dan menyenangkan.
Jadi, nikmati masa-masa kamu menulis skripsi, karena masa itu ga akan pernah terulang lagi. Apapun yang kita kerjakan dengan ikhlas, dengan perasaan senang, dan dengan usaha yang maksimal, hasilnya juga pasti akan maksimal juga kok.
Jadi, selamat mencoba dan selamat berjuang!!
Selamat mengerjakan skripsiiii….
SMANGAT!!! :))

Download disini

1 Comment

Filed under Tips dan Trik Mengerjakan Skripsi

One response to “Tips dan Trik Mengerjakan Skripsi

  1. Nana Khaira

    wah, saya juga lagi ngerjain skripsi nih. Semoga kelar dan wisuda Oktober tahun 2012 ini. Nice artikel! :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s